Home » BPPKAD Kabupaten Ponorogo Lakukan Pelatihan Kepada Bendahara Kelurahan dan Desa Se- Kabupaten Ponorogo terkait Pajak Penyajian/Pajak Restoran

BPPKAD Kabupaten Ponorogo Lakukan Pelatihan Kepada Bendahara Kelurahan dan Desa Se- Kabupaten Ponorogo terkait Pajak Penyajian/Pajak Restoran

by bppkad

   Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ponorogo (BPPKAD) melakukan sosialisasi kepada bendahara desa dan kelurahan terkait pajak penyajian/pajak restoran di Ruang Rapat Bidang Pajak Daerah.  Kegiatan tesebut di lakukan secara bertahap dengan mematuhi protokol kesehatan. Kamis 10 Maret 2022. Pelatihan pajak penyajian/pajak restoran tersebut diikuti oleh bendahara kelurahan dan bendahara desa se-Kabupaten Ponorogo.

Kabid Pajak Daerah BPPKAD Kab.Ponorogo

   Toni Darmawan Kepala Bidang Pajak BPPKAD Kabupaten Ponorogo menjelaskan bahwa pelatihan kali ini berkaitan dengan pajak penyajian makanan dan minuman.

   “Hari ini (09/03/22) kita melakukan pelatihan pajak penyajian makanan dan minuman di mana hal ini merupakan salah satu potensi penghasilan obyek pajak kita,” terangnya.

   “Dengan dilakukannya pelatihan ini kita harapkan kedepan bendahara baik itu di masing-masing OPD, kelurahan maupun desa tidak melakukan kesalahan dalam menginput data. Sehingga kita tidak akan kehilangan potensi pajak,” ungkapnya.

Ruang lingkup pelatihan pajak penyajian makan minum tersebut terkait dengan kegiatan baik itu dari masing masing OPD, kegiatan yang ada di suatu kelurahan maupun yang ada di desa yang di atur dalam PP 1 (tentang pajak penyajian makanan dan minuman) yang bersumber baik dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) maupun yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBdes).

   Kemudian masing masing bendahara akan dilatih membuat e-SPTPD data penyajian kegiatan makan minum tersebut melalui aplikasi SIPANDA UNIK. e-SPTPD atau Elektronik Surat Pemberitahuan Pajak Daerah merupakan sistem aplikasi yang dibangun berbasis web dan dikembangkan sebagai sarana Wajib Pajak melaporkan Pajak Daerah secara online dan dapat diakses dimana saja.

   Masih menurut Toni, “kegiatan ini akan melatih masing masing bendahara untuk membuat billing yang kemudian akan dimasukan ke aplikasi SIPANDA, hal ini sebagai pelengkap dokumen pencairan dari masing-masing OPD atau kelurahan maupun desa,” imbuhnya.

   Kegiatan pelatihan bagi bendahara desa dan kelurahan tersebut diikuti sebanyak 307 peserta. Sebelumnya BPPKAD Kabupaten Ponorogo telah melakukan pelatihan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di seluruh wilayah Pemerintah Kabupaten Ponorogo. (tim)

Related Articles

Leave a Comment

HUBUNGI KAMI

BADAN PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN PONOROGO

@2022 – bppkad ponorogo -All Right Reserved. Supported by onmeso