Home » Pemasangan Tapping Box dalam Rangka Optimalisasi PAD di Sejumlah Tempat Usaha

Pemasangan Tapping Box dalam Rangka Optimalisasi PAD di Sejumlah Tempat Usaha

by bppkad

Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten Ponorogo melalui Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) melakukan pemasangan Tapping Box (pencatat nilai transaksi) di sejumlah tempat usaha, seperti rumah makan dan tempat hiburan. Selasa, 15 Maret 2022.

Selain itu pemasangan Tapping Box merupakan salah satu amanat dari KPK-RI untuk melakukan pemasangan pada tiap-tiap tempat usaha, seperti hotel, restoran, tempat parkir dan tempat hiburan.

Pemasangan Tapping Box

Seperti yang dikatakan Toni Darmawan, Kepala Bidang Pajak Daerah BPPKAD Kabupaten Ponorogo mengatakan bahwa pemasangan Tapping Box ini untuk mempermudah para wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak.

“Tapping Box adalah alat perekam data transaksi karena dari sana akan dapat dengan mudah menghitung omzet sehingga akan mempermudah para wajib pajak dalam melakukan pelaporannya,”terangnya.

“Karena, misalnya dalam perhitungan wajib pajak restoran terkait makan minum di sana akan di atur pengenaan pajak sebesar sepuluh persen yang akan ditanggung oleh konsumen, sehingga akan tepat dalam penghitungan para wajib pajak ketika melakukan pelaporan pajak setiap bulan,”imbuhnya.

Pemasangan Tapping Box ini termuat dalam MCP KPK-RI dimana pada setiap triwulan akan memonitor potensi dari masing-masing obyek pajak ketika pemerintah daerah melakukan optimalisasi PAD sehingga tidak akan terjadi korupsi dan mencegah kebocoran potensi pajak.

Sebelumnya BPPKAD Kabupaten Ponorogo telah melakukan sosialisasi kepada semua wajib pajak di wilayah Kabupaten Ponorogo, hingga mereka dapat menerima dan memahami terkait amanat dari KPK-RI tentang pemasangan Tapping Box yang progres pemasangannya sudah dilaksanakan semenjak tahun 2021.

Selain itu BPPKAD juga menggandeng beberapa instasi dan dinas terkait dalam rangka upaya mensukseskan program optimalisasi PAD.

Hingga saat ini sudah terpasang sebanyak 16 titik Tapping Box. Pemasangan alat penghitung omzet tersebut bekerja sama dengan Bank Jatim beserta rekanannya.

Kedepan BPPKAD akan melakukan pemasang di 64 titik yang menjadi potensi pajak sehingga optimaliasasi peningkatan PAD untuk pembangunan jangka panjang akan segera dapat terwujud. (tim)

Related Articles

Leave a Comment

HUBUNGI KAMI

BADAN PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN PONOROGO

@2022 – bppkad ponorogo -All Right Reserved. Supported by onmeso