Home » Bimtek Petugas Pemungut Pajak di Wilayah Kabupaten Ponorogo

Bimtek Petugas Pemungut Pajak di Wilayah Kabupaten Ponorogo

by bppkad

BPPKAD Kabupaten Ponorogo melakukan kegiatan Bimtek PBB dan BPHTB untuk para Koordinator PBB untuk seluruh kecamatan, kelurahan, dan desa di wilayah Kabupaten Ponorogo. Kamis 17 Maret 2022.

Bimbingan Tehnik (Bimtek) tersebut bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat tercapainya ETPD (Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah) dengan mekanisme pembayaran secara online atau Payment  On line Sistem (POS).

Kabid Pajak Daerah BPPKAD Kab Ponorogo

“Dengan mengadakan pelatihan-pelatihan tesebut (16/03/22) kita harapkan akan mempermudah dan mempercepat para koordinator untuk melakukan pembayaran melalui sistem,” tegas Toni Darmawan, Kabid Bidang Pajak Daerah BPPKAD Kabupaten Ponorogo.

“Baik itu pembayaran PBB secara individu maupun kolektif sehingga tidak diperlukan pembayaran oleh Wajib Pajak secara manual, namun pembayaran terutama secara kolektif bisa dibayarkan oleh koordinator itu sendiri melalui POS, sehingga tidak perlu datang langsung ke kantor pajak,”terangnya.

Pelatihan Bimtek tersebut selain dapat mempercepat pembayaran PBB juga dapat memonitor realisasi pembayaran PBB di masing-masing desa maupun kelurahan.

Pembayaran PBB tersebut saat ini dapat di monitor melalui aplikasi DHKP (Daftar Himpunan Ketetapan Pajak Daerah) oleh petugas pungut maupun koordinator baik dari di masing-masing desa, kelurahan, kecamatan hingga kabupaten.

Selain itu pelatihan tersebut untuk membimbing petugas desa jika ada perubahan SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Tercetak) sehingga para petugas tersebut tidak perlu datang ke kantor pelayanan pajak, hanya dengan cara meng-upload data yang telah di tentukan melalui aplikasi SIPANDA UNIK.

Dengan di adakan pelatihan Bimtek yang akan dapat mempermudah dan mempercepat serta mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pembayaran PBB itu sendiri tersedia di beberapa jalur. Secara individu masyarakat dapat menggunakan fasilitas yang di sediakan oleh Bank Jatim (baik datang langsung ke teller paymet maupun melalui ATM hingga mobile banking) dan di tempat-tempat fasilitas umum, seperti Alfamart, Indomart kantor Pos selain itu juga dapat dilakukan melalui marketplace seperti Blibli.com, tokopedia maupun Ovo.

Sementara untuk jalur kolektif dapat melalui petugas pemungut pajak yang ada di desa setempat kemudian dari petugas pungut pajak yang ada di desa tersebut akan diserahkan ke masing-masing koordinator. (tim)

Related Articles

Leave a Comment

HUBUNGI KAMI

BADAN PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN PONOROGO

@2022 – bppkad ponorogo -All Right Reserved. Supported by onmeso