Home » Zoom Meeting Terkait DAK Fisik dan Dana Desa

Zoom Meeting Terkait DAK Fisik dan Dana Desa

by bppkad

BPPKAD Kabupaten Ponorogo mengikuti undangan zoom meeting yang diselenggarakan Kementrian Keuangan Kantor Wilayah Propinsi Jawa Timur yang di ikuti oleh BPPKAD se-Jatim. Kamis, 17 Maret 2022.

Undangan Zoom meeting tersebut terkait dengan akselerasi pengelolaan belanja APBN  pemerintah daerah tahun 2022, khususnya dana DAK Fisik dan Dana Desa.

Suhartatik Kepala Bidang Perbendaharaan BPPKAD Kabupaten Ponorogo menjelaskan bahwa dirinya mengikuti zoom meeting mewakili Kepala Badan dalam membahas terkait DAK Fisik dan Dana Desa.

Zoom meeting DAK Fisik dan Dana Desa

“Hari ini, (16/03/22) saya mengikuti zoom meeting karena ditugasi untuk mewakili Kepala Badan BPPKAD Ponorogo, dalam pembahasan dana DAK dan Dana Desa. Khusus DAK Fisik tahun 2022 tersedia pagu sebesar Rp. 108.663.768.000,00 (seratus delapan miliar enam ratus enam puluh tiga juta tujuh ratus enam puluh delapan ribu rupiah), “terangnya.

“Sementara, Dana Desa kita memperoleh pagu dari pusat sebesar Rp. 258.704.586.000,00 (dua ratus lima puluh delapan miliar tujuh ratus empat juta lima ratus delapan puluh enam ribu rupiah) pada tahun 2022 ini,” imbuhnya.

Dalam kegiatan zoom meeting tersebut menjelaskan sampai sejauh mana persiapan pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam  pengelolaan pagu dana DAK Fisik dan Dana Desa.

Untuk DAK fisik, Pemerintah Kabupaten Ponorogo telah melakukan desk sebanyak dua kali, pada bulan Februari tentang persiapan SKPD pengelola dana DAK fisik, kemudian yang kedua, bersama kegiatan zoom meeting juga melakukan desk tentang persiapan pencairan dana transfer dari pusat.

Sementara, alur telah dijabarkan didalam kegiatan zoom meeting tesebut. Kesiapan Pemerintah Kabupaten Ponorogo, khususnya dana DAK fisik tahun 2022 sampai dengan saat ini (bulan Maret) pada bidang sanitasi di bawah pengelolaan SKPD (dinas PU-PR) Kabupaten Ponorogo dan telah di launching oleh Kepala Daerah (Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko)  pada bulan Maret minggu pertama.

Kemudian untuk pagu Dana Desa Kabupaten Ponorogo telah melakukan realisasi hingga bulan maret (15/03/2022) sebesar  1,1 % dari plafon yang tersedia.

Secara luas kegiatan zoom meeting tersebut (16/03/2022) dilakukan paparan sampai sejauh mana persiapan Kabupaten Ponorogo dalam pengelolaan dana DAK fisik maupun Dana Desa dalam menopang program pemerintah dalam hal percepatan pertumbuhan ekonomi saat ini. (tim)

Related Articles

Leave a Comment

HUBUNGI KAMI

BADAN PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN PONOROGO

@2022 – bppkad ponorogo -All Right Reserved. Supported by onmeso