Home » Badan Pemeriksa Keuangan Lakukan Cek Fisik dan Pendataan Aset Daerah

Badan Pemeriksa Keuangan Lakukan Cek Fisik dan Pendataan Aset Daerah

by bppkad

Dalam rangka pemeriksaan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2021, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan pemeriksaan Barang Milik Daerah (BMD) bergerak meliputi kendaraan operasional R2 dan R4,barang elekronik meliputi perangkat Komputer dan Kamera untuk mengantisipasi adanya perpindahan BMD. Senin, 11 April 2022.

Sedikitnya 10 SKPD yang dilakukan cek fisik aset kendaraan. Hal ini dilakukan untuk melihat kesesuaian antara Kartu Inventaris Barang (KIB) dengan fisik barang termasuk kelayakan barang dan pemegang unit kendaraan.

Cek Fisik dan Pendataan Aset oleh BPK

“Hari ini diadakan cek fisik (08/04) kesesuaian barang dan pemegang unit kendaraan, ada 10 SKPD yang hari ini dilakukan pemeriksaan,” terang Luhur Apidianto Sekertaris BPPKAD Kabupaten Ponorogo.

“Khusus BPPKAD terdapat 9 (sembilan) unit R4 sementara untuk R2 sekitar 200 (dua ratus) unit kendaraan lengkap dengan BAST perorang,”imbuhnya.

Selama 40 hari BPK melakukan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah terinci yang meliputi barang bergerak maupun tidak bergerak yang menjadi aset milik daerah.

Sementara itu Eka Okgie Rustama Kepala Bidang Aset BPPKAD Kabupaten Ponorogo mengatakan bahwa BPK melakukan pemeriksaan sekaligus memastikan kondisi barang.

“Badan pemeriksa Keuangan (BPK) saat ini memeriksa aset negara yang bergerak maupun tidak bergerak dan memastikan saat ini barang tersebut dalam kondisi bagaimana.”terangnya.

“Setelah BPK memastikan kondisi barang kepada para pemegang barang baik dalam kondisi baik maupun rusak, setelah itu baru bisa dilakukan penghapusan oleh kepala BPPKAD melalui bidang aset bila barang aset tersebut dalam kondisi rusak,”imbuhnya.

Dari sampling aset daerah (barang bergerak) oleh BPK ini selanjutnya dapat memberikan laporan secara keseluruhan mulai dari kondisi barang, kelayakan barang dan pemegang barang. Selain itu diharapkan para kepala SKPD juga ikut membantu memberikan informasi jika barang tersebut dipindahtangankan.

Selain memastikan keberadaan barang, BPK juga akan memeriksa kendaraan operasional tersebut dalam kondisi pajak hidup atau mati di wilayah Pemerintahan Kabupaten Ponorogo.

Diharapkan kepada setiap ASN apabila mutasi dan di tempat yang lama diberi kuasa menggunakan kendaraan operasional, agar melakukan pelaporan kepada BPPKAD melalui bidang aset sehingga kedepan akan mudah untuk melalukan inventarisasi Barang Milik Daerah (BMD). (tim)

Related Articles

Leave a Comment

HUBUNGI KAMI

BADAN PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN PONOROGO

@2022 – bppkad ponorogo -All Right Reserved. Supported by onmeso