Home » Bimtek BPPKAD Ponorogo Upgrade Informasi dan Peraturan Terbaru

Bimtek BPPKAD Ponorogo Upgrade Informasi dan Peraturan Terbaru

by bppkad

BPPKAD Kabupaten Ponorogo khususnya Bidang Anggaran mengikuti bimbingan teknis bersama perencana Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang di selenggarakan di Yogyakarta pada tanggal 15/09/22. Rabu, 28 September 2022.

Kepala Bidang Anggaran BPPKAD Kabupaten Ponorogo Sriyono menyampaikan bahwa kegiatan tersebut mengacu kepada PP Nomor 12 Tahun 2019.

Kabid Anggaran BPPKAD

“Bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan keuangan ini sebenarnya sudah kita rencanakan sebelum pandemi karena regulasi yang berlaku adalah PP Nomor 12 Tahun 2019. Jadi sudah tiga tahun yang lalu sehingga karena pandemi kegiatan tersebut baru bisa kita laksanakan.” terang Kabid Anggaran BPPKAD Kabupaten Ponorogo.

Kabid Anggaran BPPKAD

“Selain itu, kita juga menunggu turunan dari  PP Nomor 12 Tahun 2019 yaitu Permendagri Nomor 77 tahun 2020 terkait dengan Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah.” terangnya

Dalam bimbingan  teknis kemarin ternyata jauh berbeda sekali dengan struktur tata cara baik dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan maupun pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah yang semula berdasarkan PP Nomor 105 tahun 2008. Hal ini yang paling utama yang harus kita jelaskan kepada teman-teman perencana,”ungkapnya.

Bimbingan teknis tersebut sementara hanya diikuti oleh SKPD yang berskala besar karena keterbatasan anggaran.

Kabid Anggaran BPPKAD

“Bimtek kemarin sementara hanya diikuti oleh SKPD yang besar saja, karena keterbatasan anggaran sehingga sampai  tingkat kecamatan belum bisa mengikuti,” ungkapnya.

Pengganti UU Nomor 33 tentang Perimbangan Keuangan dengan UU Nomor 1 tentang Hubungan  Keuangan Pusat dan Daerah (HKPD) sudah diterbitkan tahun 2022 dan berlaku selama 2 tahun, sehingga pada tahun 2024 nanti akan dilakukan bimtek kembali terkait pemahaman terhadap UU HKPD tersebut agar nantinya pada tahun 2025 UU tersebut bisa dilaksanakan.

Informasi perkembangan dan perubahan terkait hal-hal baru yang berhubungan dengan pemerintah dalam negeri dan kementrian keuangan yang diperoleh dari website selalu disampaikan ke masing-masing SKPD selain pelatihan bimtek.

Harapannya, dengan pelatihan bimtek tersebut SKPD yang berkecimpung dalam perencanaan dapat memahami alur pengelolaan keuangan utamanya dari perencanaan, penganggaran hingga pelaksanaan. (tim)

Related Articles

Leave a Comment

HUBUNGI KAMI

BADAN PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN PONOROGO

@2022 – bppkad ponorogo -All Right Reserved. Supported by onmeso