Home » Antisipasi Kebocoran Parkir BPPKAD Ponorogo Terapkan Sistem e-parking

Antisipasi Kebocoran Parkir BPPKAD Ponorogo Terapkan Sistem e-parking

by bppkad

BPPKAD Ponorogo melakukan antisipasi kebocoran pendapatan parkir hingga 50 persen dengan memberikan sarana penunjang e-parking berupa alat smartphone pos dan menyediakan software aplikasi parkir elektronik. Rabu, 09 November 2022.

Pada tahap awal software aplikasi tersebut akan bekerjasama dengan UNMUH Ponorogo dengan mengembangkan prototype parkir elektronik. Selain itu BPPKAD Ponorogo kedepan akan menggelar workshop kepada juru parkir (jukir) pada 28 titik parkir yang telah disetujui oleh Dinas Perhubungan (Dishub).

Kabid Pengendalian Pendapatan Daerah BPPKAD

“Pada tahap awal kita akan kembangkan prototype parkir elektronik. Selanjutnya  kita juga akan mengadakan workshop untuk para juru parkir yang di tunjuk oleh Dinas Perhubungan beserta titik parkirnya,” pungkasnya.

Kepala Bidang Pengendalian Pendapatan Daerah BPPKAD Ponorogo Dhutarso Aviantoro mengatakan bahwa e-parking ini akan coba diterapkan selama 50 hari kedepan.

“Parkir elektronik ini akan coba dilaksanakan selama 50 hari kedepan (awal bulan November). Pelaksana teknis lapangan dari Dinas Perhubungan,” ungkap Avi.

“Dalam hal ini, BPPKAD Ponorogo memberikan sarana penunjang alat parkir yaitu berupa smartphone pos serta menyediakan software aplikasi parkir elektronik,” tuturnya.

Aplikasi e parking

Seperti diketahui terdapat sebanyak 28 titik parkir yang telah di setujui untuk ditetapkan sebagai  obyek e-parking oleh Dinas Perhubungan sebagai pelaksana lapangan. Kemudian akan diimplementasikan penerapan e-parking tehadap titik-titik yang telah disepakati.

BPPKAD telah melakukan finalisasi pengadaan alat e-parking. Setalah itu akan di registrasi ke salah satu vendor operator selular.

Percobaan penerapan e-parking ini untuk sementara akan diterapkan di seputar wilayah kota. Diantaranya Jalan Hos Cokroaminoto, Jalan Suromenggolo, seputar Aloon – Aloon Ponorogo, Jalan Gajah Mada, dan Jalan Sultan Agung.

Dengan penerapan e-parking tersebut semua juru parkir akan  mencatat semua transaksi secara sistem. Selain itu Dishub akan melakukan pengawasan secara periodik terhadap titik-titik parkir yang telah disepakati secara bersama. (tim)

Related Articles

Leave a Comment

HUBUNGI KAMI

BADAN PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN PONOROGO

@2022 – bppkad ponorogo -All Right Reserved. Supported by onmeso