Home » Pemerintah Kabupaten Banyumas Ngangsu Kaweruh di BPPKAD Kabupaten Ponorogo tentang SIPD

Pemerintah Kabupaten Banyumas Ngangsu Kaweruh di BPPKAD Kabupaten Ponorogo tentang SIPD

by bppkad

BPPKAD Kabupaten Ponorogo menerima kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Banyumas pada tanggal 11 Oktober 2022.  Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Banyumas berkirim surat ke BPPKAD Ponorogo terkait keinginan Pemerintah Kabupaten Banyumas untuk mempelajari tentang pengelolaan keuangan di BPPKAD Ponorogo. Kamis, 27 Oktober 2022.

Studi Komparatif Pemkab Banyumas

Seperti yang dijelaskan Luhur Apidianto. Sekertaris BPPKAD Kabupaten Ponorogo mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Banyumas ingin mempelajari pengelolaan keuangan khususnya SIPD (Sistem Informasi Pemerintah Daerah).

“Mereka ingin mempelajari pengelolaan keuangan terutama SIPD. Kenapa kemudian SIPD ini penting karena SIPD ditetapkan Menteri Dalam Negeri sebagai aplikasi pengelolaan keuangan yang harus digunakan di seluruh Indonesia,”terang Sekertaris BPPKAD Ponorogo Luhur Apidianto.

Seperti yang telah diketahui pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri mempunyai program pengelolaan keuangan daerah berada dalam 1 server.

Pemkab Banyumas

“Pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri menginginkan bahwa semua pengelolaan keuangan daerah berada dalam satu server. Jadi, aplikasi SIPD tersebut servernya berada di Kementerian Dalam Negeri semua.” jelas Luhur Apidianto.

Pemerintah Kabupaten Ponorogo telah menetapkan sistem SIPD secara total sejak tahun 2021. Hal tersebut tertuang dalam Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Permendagri Nomor70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah.

“Allhamdulillah, pengelolaan keuangan kita sudah fix seratus persen menggunakan aplikasi SIPD. Maka dari itu Pemerintahan Kabupaten Banyumas tertarik dan ingin ngangsu kaweruh (11/10/22-belajar) di Ponorogo,”

“Namanya program baru tentunya mengalami trial and eror tapi itu menjadi kendala yang dapat kita selesaikan. Kalau kita melihat filosofi SIPD itu luar biasa jadi membawa pengelolaan keuangan pemerintah daerah tidak hanya perencanaan yaitu RPJMD, RKPD, KUA-PPAS, namun juga pada APBD proses pencairan, penatausahaan keuangan hingga pelaporan akuntasi. Seluruhnya tertuang dalam satu aplikasi. (tim)

Related Articles

Leave a Comment

HUBUNGI KAMI

BADAN PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN PONOROGO

@2022 – bppkad ponorogo -All Right Reserved. Supported by onmeso